Lika-liku Produksi Habibie & Ainun yang Menginspirasi Para Pemainnya

Berpulangnya BJ Habibie pada September 2019 masih meninggalkan kesedihan mendalam. Presiden ke-3 Republik Indonesia tersebut dikenal sebagai sosok inspiratif, bahkan kisah asmaranya bersama sang istri, mendiang Ainun didokumentasikan dalam sebuah film berjudul Habibie & Ainun. Dari sejak penayangannya di bioskop hingga di VIU, sudah banyak sekali orang yang nonton film ini. Bahkan banyak juga yang hingga beberapa kali.

Nah, untuk kamu yang belum menontonnya, mungkin berpikir apa keistimewaan film ini? Tentu saja ada banyak dan berikut ini beberapa di antaranya:

Persaingan aktor top untuk memerankan Habibie

Reza Rahadian, salah satu pemain utama Habibie & Ainun, tak begitu saja ditunjuk buat memerankan BJ Habibie. Aktor berusia 34 tahun tersebut tetap mengikuti audisi dengan memenuhi undangan Hanung Bramantyo, Zaskia Adya Mecca, dan Faozan Rizal yang duduk di bangku sutradara.

Saingan Reza pun bukan orang-orang sembarangan. Ada dua nama lain yang pada saat itu dijagokan, yakni Agus Kuncoro dan Lukman Sardi yang kemampuan aktingnya sudah tak diragukan lagi.

Mendapat tugas membuat monolog

Begitu dinyatakan lolos audisi, Reza Rahadian langsung mendapat tugas yang menantang: membuat sebuah monolog yang menceritakan tentang BJ Habibie dari sudut pandangnya. Reza juga terkejut karena tugas itu diberikan sekitar 12 hari sebelum mereka memulai syuting Habibie & Ainun.

Namun, Reza tak patah semangat. Dia berhasil membuat monolog untuk dikirimkan ke produser film. Hasilnya? Reza dinyatakan layak buat memerankan tokoh Habibie!

Harus membaca skenario setebal 160 halaman

Skenario Habibie & Ainun, yang merupakan hasil adaptasi novel karya BJ Habibie, ternyata memiliki tebal hingga 162 halaman. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Reza yang baru mengembangkan kariernya sebagai aktor profesional di industri perfilman Indonesia.

Kalian yang nonton film Habibie & Ainun pun pasti mengakui kalau Reza sangat serius mendalami karakter BJ Habibie. Bahkan dia sukses meraih Piala Citra melalui film tersebut.

Sempat dapat kritik pedas dari BJ Habibie

Reza Rahadian sempat ingin mundur dari jajaran pemain Habibie & Ainun karena sempat dapat kritik selepas teaser film tersebut dirilis. Malah sosok yang memberikan kritik pedas pada Reza adalah BJ Habibie yang mengatakan interaksinya dengan Ainun (diperankan Bunga Citra Lestari) terlalu lembut.

Namun, masukan itu pula yang menahannya mundur. Reza justru berhasil menemukan formula yang tepat agar chemistry-nya dengan Bunga Citra Lestari terbangun dengan baik.

Mempengaruhi rumah tangga BCL dan Ashraf Sinclair

Selain Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari (BCL) juga mendapatkan pengalaman tak terlupakan saat memerankan Ainun. Dari Habibie & Ainun, aktris sekaligus penyanyi tersebut mengaku memperoleh cara pandang yang berbeda seputar hubungan, terutama di antara suami-istri.

Bahkan Ashraf Sinclair yang tak terlibat langsung dalam proses syuting Habibie & Ainun menjadi salah satu penggemar BJ Habibie dan sampai mencari buku-buku tentang tokoh inspiratif tersebut.

Soundtrack yang ikut booming bersama film

Karier BCL sebagai penyanyi ikut melambung setelah membintangi Habibie & Ainun. Perempuan berusia 38 tahun tersebut dipercaya membawakan lagu tema berjudul Cinta Sejati karya Melly Goeslaw. Ini pun jadi kali pertama keduanya berkolaborasi untuk soundtrack film.

Tak disangka-sangka, Cinta Sejati ikut booming bersama Habibie & Ainun. BCL bahkan memasukannya ke dalam rilisan fisik The Best Of pada 2013 karena tingginya permintaan dari penggemar.

Tertarik menonton film ini setelah membaca berbagai fakta menariknya? Tenang saja, meskipun sudah tidak tayang di bioskop, kamu bisa menyaksikannya melalui aplikasi VIU. Aktifkan juga Viu Premium sehingga kamu bisa menonton tayangan ini kapan saja dan di mana saja dengan bebas iklan. Selain film Indonesia terbaik ini, masih banyak serial dan film menarik lain juga loh di VIU. Selamat menyaksikan ya!

November 11, 2021 Tika Nurulatifah

Leave a Reply

Your email address will not be published.