Agar Kendaraan dan Pengemudi Aman, Simak Tips Berkendara di Jalanan Rusak

Jalan berlubang, bergelombang, berbatu, berpasir, hingga jalanan yang penuh genangan air, merupakan hal-hal yang kerap ditemui di jalan dan dapat menjadi suatu ancaman ketika mengemudi.

Jalanan Rusak Menjadi Ancaman Bagi Pengendara

Tips Berkendara di Jalanan Rusak

Kondisi jalanan yang buruk tersebut mengharuskan Anda untuk selalu mengemudi dengan hati-hati dan waspada, sehingga dapat meminimalisir angka kecelakaan. Untuk itulah Anda perlu menyimak 4 tips berkendara di jalanan rusak berikut ini.

1. Perhatikan Kedalaman Lubang

Ketika melewati kondisi jalan yang rusak seperti berlubang, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan. Apakah akan menghindari atau melewati lubang tersebut. Jika memang Anda ingin melewati lubang tersebut, pastikan untuk melihat kedalaman lubang dan carilah area terendah dari lubang tersebut. Pastikan ban kendaraan Anda sepenuhnya masuk ke dalam lubang.

Jika memang lubang tersebut cukup dalam, Anda bisa menghindarinya. Namun tak lupa untuk memperhatikan kondisi lalu lintas, apakah ada kendaraan di belakang Anda dan juga kendaraan dari arah berlawanan.

2. Kurangi Kecepatan Kendaraan

Ketika melewati jalanan yang rusak, hal penting yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi kecepatan kendaraan. Karena kontur jalan yang tidak mulus, pengemudi menjadi sedikit terganggu ketika berkendara melewati jalanan tersebut. Selain mengurangi kecepatan, hindari menginjak rem terlalu kuat.

3. Hindari Menggesek Dinding Ban Dengan Pinggiran Lubang

Jika Anda dihadapkan pada jalanan yang berlubang, pastikan telapak ban masuk sepenuhnya ke dalam lubang. Karena ban yang masuk ke dalam lubang yang terlalu pinggir dapat mengakibatkan dinding ban tergesek. Ketika dinding ban tergesek dengan pinggir lubang, tentu ban akan cepat rusak.

4. Perhatikan Jarak Dengan Kendaraan Lain

Yang tak kalah penting adalah menjaga jarak dengan kendaraan lain, baik yang berada di depan maupun belakang kendaraan Anda. Apabila jarak kendaraan satu dengan yang lainnya terlalu dekat, dikhawatirkan dapat terjadi benturan antar kendaraan ketika kendaraan di depannya melakukan pengereman secara mendadak.

Tak Lupa Konsentrasi Penuh Selama Mengemudi

Ketika mengemudi baik di jalanan mulus maupun rusak, konsentrasi penuh tetap harus selalu dijaga. Konsentrasi merupakan faktor utama yang dapat menunjang keselamatan baik para pengemudi maupun penumpang. Meskipun sudah hafal medan yang dilewati, konsentrasi tetap harus selalu diterapkan.

Itulah 4 tips aman berkendara di jalanan rusak. Tetap selalu waspada dan berhati-hati ketika berkendara, karena keselamatan adalah nomor satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *