Jangan Lupakan Istirahat! Inilah Bahaya Jika Terlalu Memforsir Tubuh Untuk Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Ada banyak gerakan dalam olahraga yang dapat membakar lemak dan mendetoksifikasi racun. Sehingga tubuhmu jadi lebih sehat, imunitas tubuh pun meningkat. Tapi, jangan juga terlalu memforsir tubuh untuk olahraga.

Tahukah kamu bahwa terlalu memforsir tubuh untuk olahraga pun tidak baik untuk kesehatan? Olahraga memang menyehatkan. Tapi jika berlebihan, olahraga bisa menjadi sumber masalah untuk kamu. Terlebih jika tanpa pemanasan. Oleh karena itu, dalam panduan olahraga pun ada petunjuk tentang berapa kali kamu harus melakukan gerakan tersebut.

Olahraga Terlalu Keras Bisa Menyebabkan Cidera

Berikut adalah beberapa masalah yang mungkin terjadi ketika kamu terlalu memforsir tubuh untuk olahraga

1. Menurunnya kesehatan

Terlalu memforsir tubuh untuk olahraga juga berakhibat pada menurunnya kesehatan. Berolagraga terlalu ekstrim tanpa istirahat akan menguras banyak tenaga. Sehingga bisa membuat kamu kelelahan hingga menurunnya kesehatan. Apalagi jika kamu melakukannya tanpa pemanasan, bisa saja otot menjadi tegang atau menyebabkan keseleo.

2. Dehidrasi

Bagaimanapun, olahraga harus diimbangi dengan minum air putih yang cukup. Terlalu memforsir tubuh untuk olahraga bisa membuat kamu kehilangan banyak ion tubuh yang penting untuk kesehatan. Mengembalikan ion tubuh bisa dilakukan dengan minum air dan beristirahat. Oleh karena itu, olahraga juga tak bisa dilakukan sembarangan.

3. Perubahan bentuk tubuh yang tidak sesuai harapan

Ternyata olahraga juga dapat memberi perubahan pada bentuk tubuh. Ini mungkin terlihat bagus, utamanya untuk orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Tapi, terlalu memforsir tubuh untuk olahraga bisa membuat bentuk tubuhmu tak sesuai harapan.

Olahraga mengubah lemak menjadi massa otot. Nah, jika tubuh terlalu diforsir untuk olahraga tanpa diimbangi istirahat, bisa-bisa otot kamu jadi lebih besar dan kekar. Mungkin ini tidak masalah bagi laki-laki. Tapi bagi perempuan?

Itulah beberapa hal yang mungkin terjadi jika kamu terlalu memforsir tubuh untuk olahraga. Berolahraga sesuai dengan panduan gerakan dan jumlah pengulangan juga penting, agar tubuh kamu tetap sehat dan bugar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *