April 12, 2024

Memakai perabotan dan beberapa komponen membangun rumah dari bahan kayu risiko terkenda dampak serangan hama rayap. Dalam menghilangkannya bisa menggunakan jasa anti rayap yang mempunyai metode pembasmian tersertifikasi.

Apabila perlengkapan dan perabotan yang sudah digerogoti rayap, maka jika dibiarkan kondisinya akan semakin buruk yaitu mengalami pelapukan sampai kerusakan permanen. Sebagai awam, Anda bisa melakukan proses pembasmian mandiri di rumah.

Hewan pemakan kayu ini tidak hanya merusak, tetapi juga meninggalkan kotoran sehingga sangat menjengkelkan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan proses pembersihan menggunakan bahan kimia atau alami.

Bahan Pembasmian Alami dan Kimia

Hal awal yang harus disiapkan sebelum mengusir hama pemakan kayu ini adalah bahan. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan material alami atau kimia untuk dipakai di area yang diserang mulai dari furniture, tembok, lantai, sampai plafon rumah.

Bahan-bahan alami yang mudah ditemukan antara lain:

  • Kapur sirih
  • Bubuk merica
  • Kapur barus
  • Oli bekas
  • Air tajin
  • Air cucian beras

Sementara itu, beberapa bahan kimia yang bisa Anda gunakan adalah produk anti rayap baik berupa cairan atau bubuk dimana mempunyai efektivitas mumpuni agar mampu mengusir hama secara optimal.

Cara Membasmi Rayap di Kayu

Setelah mempersiapkan bahan-bahan untuk menghilangkan hama rayap, maka proses selanjutnya adalah eksekusi pembasmian, yaitu pada kayu. Beberapa area atau benda yang disukai hewan satu ini antara lain, tembok kayu, lemari, meja/kursi, dan lainnya.

Berikut adalah tahapan agar furniture menjadi aman dari gangguan hama pemakan kayu.

1. Pembuatan

Apabila menggunakan bahan perabotan dari kayu solid atau turunannya misalkan jati, maka dapat menyemprotkan pelapis anti rayap. Selain itu, tambahkan cat atau pelitur dengan kandungan sama supaya semakin aman.

2. Perawatan

Jika dalam proses pembuatan sudah maksimal memberikan bahan-bahan anti hama pemakan kayu, maka dalam perawatan harus memperhatikan beberapa hal, sebagai berikut.

  • Jangan menempatkan perabotan terlalu mepet ke dinding atau tembok
  • Tempatkan pada area dengan sirkulasi udara bagus (bukan area lembab)
  • Cek dan bersihkan area belakang furniture secara berkala
  • Pada penempatan di ruangan AC, gunakan suhu dingin karena rayap tidak suka suhu dingin
  • Jika diperlukan, bisa melakukan penjemuran, seperti pada perabotan lemari

3. Pembasmian

Jika furniture atau beberapa komponen di rumah Anda sudah terlanjur terkena hama satu ini, maka bisa melakukan pembasmian dengan memakai bahan alami atau kimia seperti sebelumnya.

Untuk memberikan hasil maksimal, Anda bisa memakai jasa pembasmian rayap FUMIDA yang dikerjakan oleh ahli di bidangnya. Selain itu, bahan serta metode sudah tersertifikasi sehingga hasilnya dijamin efektif serta aman.

Itu dia informasi dalam membasmi hama pemakan bahan kayu yang sangat mengganggu. Melalui pemakaian jasa anti rayap akan memberikan hasil maksimal karena dikerjakan oleh profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *