Ketahui Perbedaan TOEFL dan IELTS Sebelum Mengikuti Tes

Tes berkemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu prasyarat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ada banyak sekali lembaga yang menyediakan pelatihan untuk persiapan kedua tes ini, seperti Jakarta Intercultural School. Namun, sebelum mengambil persiapan tes, pahami terlebih dahulu perbedaan TOEFL dan IELTS berikut ini.

Perbedaan TOEFL dan IELTS

Meskipun sama-sama tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris, Test of English as a Foreign Language dan International English Language Testing System punya perbedaan yang cukup mendasar. Inilah 5 perbedaan kedua tes tersebut:

1. Institusi yang Menerima

IELTS biasanya diterima oleh institusi di negara-negara seperti Australia, Inggris, Selandia Baru, dan beberapa institusi di negara-negara Eropa juga mewajibkan IELTS.  Sementara TOEFL diterima oleh institusi di Amerika Serikat dan beberapa negara-negara di Asia.

2. Metode Pengujian

Perbedaan TOEFL dan IELTS yang paling mendasar adalah metode pengujiannya. TOEFL terdiri dari dua tipe yakni, TOEFL ITP dan TOEFL iBT. Kedua tes ini sama-sama menggunakan komputer, namun punya perbedaan spesifik pada tesnya.

TOEFL ITP memiliki tes yang terdiri dari Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Sementara untuk TOEFL iBT memiliki tes yang terdiri dari Listening, Structure, Written Expression, dan Reading Comprehension.

Kemudian, untuk tes IELTS memiliki 2 jenis tes yaitu IELTS berbasis komputer dan tes IELTS tertulis. Tes ini terdiri dari Speaking, Writing, Listening, dan Reading.

3. Perbedaan Rentang Skor TOEFL dan IELTS

Perbedaan TOEFL dan IELTS yang ketiga terletak pada rentang skor. IELTS punya rentang skor 0-9. Sementara TOEFL punya rentang nilai yang berbeda-beda tergantung tipe. TOEFL ITP memiliki rentang skor 310 – 677. Kemudian TOEFL iBT memiliki rentang skor 0 – 120.

4. Perbedaan Penggunaan Bahasa Inggris

Pemakaian Bahasa Inggris pada kedua tes ini sebenarnya relatif sama. Beberapa perbedaan terletak di ejaan, idiom, dan logat. Tes TOEFL cenderung menggunakan American English, sementara untuk tes IELTS menggunakan British English.

Banyak orang merasa British English jauh lebih sulit daripada American English. Namun, kabar baiknya, sekarang sudah ada banyak sekali lembaga yang bisa melatih seseorang untuk berbicara dengan British English salah satunya adalah British School Jakarta.

British School Jakarta (BSJ) didirikan pada tahun 1974 dengan dukungan dari Kedutaan Besar Inggris untuk menyediakan pendidikan bagi siswa internasional yang beroperasi di kota Jakarta. Selama bertahun-tahun BSJ telah memberikan pendidikan dan pengajaran bertaraf internasional bagi siswa-siswinya.

5. Biaya Tes

Biaya tes TOEFL biasanya menyesuaikan dengan tipe tes. Untuk TOEFL ITP biasa membutuhkan biaya sekitar 500 – 700 ribu rupiah. Sementara untuk tes IELTS dan TOEFL iBT adalah sekitar 3 juta rupiah.

Siap Ikut Tes TOEFL dan IELTS?

Itulah perbedaan TOEFL dan IELTS yang perlu Anda ketahui. Keduanya memang punya karakteristiknya masing-masing. Oleh karena itu, sesuaikan tes yang Anda pilih dengan kebutuhan.

May 11, 2022 Tika Nurulatifah

Leave a Reply

Your email address will not be published.