Melaksanakan Resepsi Pernikahan di Masa Pandemi

Nikah online menjadi salah satu solusi dan alternatif bagi kamu yang ingin menikah akan tetapi memiliki kendala terutama pada saat sosial distancing seperti sekarang ini mengingat fenomena pandemic mengharuskan kita untuk mengurangi kegiatan tatap muka secara langsung. Pada awal munculnya virus tersebut banyak pasangan yang terpaksa menunda rencana pernikahan mereka demi membantu mencegah penyebaran virus covid-19.

Hal ini berlandaskan dari adanya aturan pemerintah di hampir semua daerah yang melarang adanya kegiatan tatap muka secara langsung. Seiring berjalannya waktu akhirnya pemerintah dan petugas daerah setempat sepakat untuk sedikit melonggarkan peraturan mereka terkait dengan penjagaan jarak dengan menerapkan beberapa prosedur di bawah ini.

1. Perizinan

Salah satu syarat utama dalam melaksanakan resepsi pernikahan pada saat pandemi seperti sekarang ini yaitu meminta izin kepada dinas pariwisata dan ekonomi kreatif. Syarat ini ditujukan kepada para penyedia gedung pernikahan seperti hotel, restoran, balai dan lain sebagainya. Akan tetapi ada beberapa kasus di mana pihak pengantin yang mengurus perizinan tersebut, maka dari itu diskusikan kepada penyedia tempat terkait hal ini. Perizinan di buat dengan tujuan agar mereka bisa mengontrol perjalanan acara agar tetap aman dan sesuai dengan standard protokol kesehatan.

2. Membatasi Pengunjung Yang Datang

Seperti yang kita ketahui menyelenggarakan resepsi pernikahan berarti mengundang sejumlah orang untuk datang ke lokasi pernikahan. Hal ini tentu akan meningkatkan resiko para pengunjung dalam terkena virus covid-19. Maka dari itu pembatasan pengunjung sangat perlu di terapkan agar mereka tidak terlalu berdesakan dan bisa tetap menjaga jarak antara satu dengan yang lain. Pembatasan pengunjung juga dapat di lakukan dengan menerapkan jam masuk yang berbeda dalam sejumlah orang tertentu.

3. Memakai Masker

Masker saat ini sudah menjadi pakaian dan aksesoris yang wajib di gunakan pada saat keluar rumah. Terlebih pada saat mendatangi acara pernikahan memakai masker dapat menjaga kamu dari virus yang menyebar di udara. Selain itu para pengunjung juga pasti aka berbincang satu dengan yang lainnya yang mana hal tersebut memiliki resiko yang cukup tinggi, maka dari itu memakai masker dapat menurunkan resiko tersebut hingga 90%.

4. Mencuci Tangan

Menjadi salah satu protokol kesehatan yang harus di patuhi, mencuci tangan juga harus di lakukan sebelum memasuki gedung. Pihak penyelenggara atau pemilik gedung harus mempersiapkan tempat khusus yang bisa di gunakan oleh para pelanggan untuk mencuci tangan sebelum mereka memasuki gedung. Mencuci tangan juga sangat berguna dalam acara ini mengingat terdapat acara makan di dalam gedung.

Walaupun harus menerapkan sejumlah protokol dalam menjalani acara akan tetapi jangan sampai acara tersebut tidak maksimal. Pastikan protokol kesehatan di terapkan secara sempurna kemudian buat acara semeriah mungkin. Jangan lupa untuk memberi souvenir seperti mug, gelas topi promosi dan lain sebagainya.

June 26, 2021 Tika Nurulatifah

Leave a Reply

Your email address will not be published.