Inspirasi Konsep Rumah Adat Untuk Hunian Impian

Istilah ‘rumahku, istanaku’ tentunya bukanlah isapan jempol belaka. Setiap individu pasti ingin memiliki rumah idaman yang khususnya dapat menginterpretasikan identitas sang pemilik.

Konsep Betawi Jakarta

Konsep Joglo – Jawa Tengah & Jawa Timur

Joglo merupakan bangunan tradisional khas Jawa Tengah dan Jawa Timur. Memiliki rumah dengan konsep yang kental akan unsur budaya tentunya tidak sekedar membanggakan tetapi juga menambah nilai prospektif bangunan tersebut. Tidak perlu khawatir akan tampak ketinggalan zaman karena rumah berkonsep Joglo dapat berpadu baik dengan sentuhan unsur modern.

Konsep Rumah Adat Yogyakarta

Meskipun secara basic rumah adat Yogyakarta berbentuk joglo, mengingat kebudayaan Jawa Tengah dan Yogyakarta tidak berbeda jauh, tetapi untuk rumah adat Yogyakarta memang berkonsep joglo yang lebih glamor melalui berbagai ukiran dan detail pengaturan pencahayaan yang diperhatikan dengan baik sehingga menghasilkan siluet rumah yang cantik dan megah—terutama saat malam.

Konsep Sunda – Jawa Barat

Jika Jawa Tengah dan Jawa Timur memiliki konsep Joglo yang kental akan penggunaan unsur kayu dalam bangunan, maka Jawa Barat pun memiliki konsep bangunan Sunda dengan bambu sebagai komponen utama. Hunian berkonsep Sunda akan menciptakan kesan rumah sederhana, asri, dan nyaman. Terlebih jika sekeliling halaman dimanfaatkan sebagai taman atau kebun.

Konsep Betawi – Jakarta

Bagi yang ingin memiliki rumah adat tetapi tetap tampak modern, dapat pula menggunakan konsep rumah tradisional Betawi yang identik dengan kesederhanaan namun tetap memesona. Desain rumah berkonsep Betawi terutama tidak dapat menanggalkan penggunaan tiang-tiang kayu sebagai penyangga, anyaman khas pada bagian atapnya serta dominansi warna cokelat pada bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *