Rahasia Menyulap Ruangan Sempit Jadi Terasa Lebih Longgar

Ruangan yang sempit pasti terasa kurang nyaman untuk digunakan. Apalagi jika kamu harus menghabiskan waktu yang lama di tempat tersebut, kamar misalnya. Ingin merenovasi ruang sempit agar lebih luas tapi butuh waktu lama dan biayanya pun besar. Masih harus membeli batu bata, semen, hingga membayar pekerja bangunan.

Sebenarnya, ada cara agar ruangan sempit terasa lebih lega tanpa harus merenovasi ruangan. Kamu hanya perlu tata ruang yang baik agar ruangan sempit tidak menjadi penuh sesak. Sehingga ruangan tersebut nyaman untuk kamu tempati. Oleh karena itu, di artikel ini ada memberi sedikit tips menata ruangan sempit agar lebih longgar.

Tata Ruang Untuk Ruangan Sempit Agar Jadi Lebar

Berikut adalah rahasia menata ruangan sempit agar terasa lebih luas

1. Hindari menggunakan barang yang besar

Cara yang pertama, hindari menaruh barang-barang yang besar di ruangan sempit. Misalkan untuk kamar, gunakan bed single atau double. Selain itu, posisikan tempat tidur mepet dengan tembok. Sehingga masih banyak ruang untuk bergerak di dalam kamar. Jika ingin menambah lemari baju, gunakan lemari 2 pintu yang tidak terlalu besar.

2. Dekorasi ruangan jangan terlalu penuh

Selain menghindari barang yang terlalu besar, ruangan sempit akan terasa longgar jika dekorasi ruangannya sederhana. Tidak perlu terlalu banyak dekorasi seperti pajangan foto di tembok, atau pattern yang kecil, apalagi sofa. Penempatan barang yang terlalu penuh akan membuat ruangan semakin sempit.

3. Pilih warna-warna terang

Sama seperti prinsip pada fashion, warna gelap memberi kesan langsing, warna terang membuat lebih berisi. Nah, ini juga bisa diterapkan pada ruangan sempit. Gunakan cat dengan warna-warna yang bersih dan terang seperti putih, kuning muda, hijau muda dan berbagai warna muda lainnya agar ruangan terkesan terang dan lebih lebar.

Itulah sedikit cara untuk mengubah ruangan sempit menjadi lebih luas. Cara lainnya adalah gunakan barang yang multifungsi. Sehingga akan menghemat tempat di ruangan sempit. Selain itu, pencahayaan dan sirkulasi udara juga penting agar ruangan sempit tidak menjadi pengap sehingga nyaman digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *